Komunikasi data berupa text atau image via network dapat dilakukan dengan banyak cara. Cara pertama bisa menggunakan cara manual dengan membut kelas yang diturunkan dari kelas asytask. Tapi cara ini ribet dan membuang banyak waktu, karena kita harus membuat kelase sendiri, manajemen antrian, caching data dll. Cara yang kedua dengan menggunakan library, seperti volley, retrofit, okHttp, picasso, dll. Dengan cara ini kita tinggal menggunakan fungsi-fungsi yang sudah disediakan di library tersebut. Manajemen antrian, caching data, pembatalan request, dll sudah dihandle oleh library tersebut.
Pada artikel ini saya akan bahas beberapa library tersebut.

Volley library

Volley library adalah library untuk networkng aplikasi android dengan mudah dan cepat. Volley library adalah library yang dikeluarkan oleh google dan diperkenalkan pada acara Google I/O pada tahun 2013.
Keunggulan volley:

  • Volley secara otomatis menangani scheduling network request, jadi request yang dilakukan ga mungkin rebutan, karena nanti ada manajemen antriannya.
  • Volley menangani memory cache dan disk cache. Jadi ketika kita request data berupa image, cukup sekali image tersebut diload dari server, setelah itu ga perlu lagi, otomatis image diambilkan dari memori atau disk cache. So… Proses load akan lebih cepat.
  • Volley mendukung untuk melakukan prioritas request.

Dan masih banyak yang lain..
Volley library bisa didownload di https://github.com/google/volley , atau bisa melakukan git clone bagi kalian yang sudah memasang git di komputer anda

git clone https://github.com/google/volley

Jika sudah, silahkan untuk menambahkan volley di depedencies di file build.gradle.

dependencies {
 ...
 compile 'com.android.volley:volley:1.0.0'
}

Retrofit

Retrofit pada dasarnya sama dengan volley libray. Library ini dikeluarkan oleh squareup.
Retrofit bisa didownload di https://github.com/square/retrofit dan seperti biasa tinggal tambahkan library di dependencies gradle.

dependencies {
 ...
 compile 'com.squareup.retrofit2:retrofit:2.3.0'
}

OkHttp

OkHttp merupakan salah satu library untuk menangani kasus networking di aplikasi android yang sangat populer. Untuk fungsinya sama dengan volley maupun retrofit.
Untuk donwload OkHttp silahkan bisa download di https://github.com/square/okhttp
Dan tambahkan di build.gradle

dependencies {
 ...
 compile 'com.squareup.okhttp3:okhttp:3.6.0'
}

Picasso

Picasso sangat powerfull untuk menangani caching dari hasil pengambilan image dari server.
Picasso bisa didownload di https://github.com/square/picasso
Dan tambahkan di build.gradle

dependencies {
   ...
   compile "com.squareup.picasso:picasso:2.4.0"
}

Semua library diatas untuk menangani backround thread. Thread ada prioritas, dimana ada thread utama dan thread alternativ. Pada android sendiri thread utama ada pada UI thread, dimana ketika aplikasi dijalankan thread ini yang pertama kali dilajalankan. Nah ketika kita tidak menggunakan backround thread, proses networking akan menganggu proses thread utama yaitu proses rendering UI aplikasi.

Sekian untuk artikel kali ini, untuk contoh penerapan library diatas, saya coba akan bahas di artikel selanjutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *