Setelah lama saya perhatikan, nampaknya android sudah mulai jatuh cinta dengan kotlin. Tapi kenapa harus kotlin? Why…?
Ya alasannya simpel si, pengin aja. Mmm… Tapi selain itu pastilah ada beberapa alasan ilmiahnya, bukan hanya subjektifitas penulis saja. Okelah saya akan sedikit paparkan beberapa alasan kenapa memilih kotlin sebagai tempat bersandar.
Oke pertama saya aka jelaskan mengenai kotlin itu sendiri, Kotlin merupakan bahasa pemrograman baru dan bersifat pragmatis, artinya bahasa pemrograman ini mengutamakan kepraktisan dan mudah diintegrasikan dengan bahasa pemrograman yang ada. Kotlin didesain tidak berbeda jauh dengan bahasa java dan enaknya library-library yang dibangun dengan bahasa java pun dapat digunakan dan 100% compatible dengan kotlin.
Kotlin dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi server-side, aplikasi mobile (Android), dan desktop.

Kemudian keunggulan dari kotlin itu sendiri diantaranya:

1. Safe
Penulisan code terhindar dari error NullPointerExceptions, dimana error ini banyak sekali dialami ketika menggunakan java.

 

var output: String
output = null   // Compilation error

==================================

val name: String? = null    // Nullable type
println(name.length())      // Compilation error

2. Compatibility
Kotlin sepenuhnya compatible dengan JDK 6 , dan dipastikan dapat berjalan dengan baik di device android lama tanpa issue. Kotlin didukung penuh oleh Android Studio.
3.Performance
Aplikasi yang dibangun dengan kotlin memiliki kecepatan yang sama dengan java, bahkan code yang menggunakan lamdas berjalan lebih cepat dari pada java.
4.Interoperability
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa kotlin 100% dapat beroperasi dengan java. Bahkan memungkinkan untuk menggunakan library-libray yang dikembangkan dengan java.

Itu beberapa keunggulan kotlin yang penulis ketahui saat ini, Mungkin masih banyak lagi keunggulan kotlin yang saya sendiri belum menyadarinya.

Bagi developer android yang berawal dari java, saya rasa lebih mudah untuk migrasi ke kotlin, karena logic pada kotlin hampir sama dengan java. Selain itu jika menggunakan Android Studio 3 yang sudah support kotlin dapat melakukan conversi kelas java kedalam kotlin, dan jika kita melakukan copas code java akan secara otomatis ditawarkan untuk dikonversi kedalam kotlin.

Sangat membantu kita yang baru migrasi ke kotlin, yaaa gampanganya ketika kita bingung cara penulisan sebuah code di kotlin kita tulis saja dengan java setelah itu kita konversi ke kotlin. Walau ada beberapa code yang harus kita koreksi setelah dikonversi, tapi paling tidak sudah bisa dijadikan contekan untuk menulis dikotlin.

Mungkin seperti ini dulu untuk tahap perkenalan dengan kotlin, next time InyaAlloh kita lanjut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *